Bagian- Bagian dalam Badmintonn

7/30/2011



Tiap-tiap pemain menetapkan di antara dua wilayah servis. Ada wilayah servis untuk tunggal, yakni berlebar 5,18 meter dan panjangnya 13,40 meter. Areal servis untuk ganda berukuran 6,10 meter pada lebarnya dan 11,88 meter panjangnya. Wilayah servis dibagi dua belahan. Di tengah-tengah lapangan berdiri jaring/net, yakni 1,55 meter tingginya. Garis-garis servis pendek berentang 1,98 meter dari jaring. Kotak servis kiri dan kotak servis kanan dipisahkan oleh garis di tengahnya.

 

Perlengkapan :
 

• Raket: 
   Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulutangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
 

• Kok: 
   Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulutangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari pelastik.
 

• Senar: 
   Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulutangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.
 

• Sepatu: 
   Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulutangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.
 

• Net: 
   Bulutangkis tidak akan pernah bisa berjalan tanpa perlengkapan yang satu ini. Net merupakan pembatas antara bidang permainan pemain yang satu dengan yang lain. Tinggi net kurang lebih 152 cm dan sama untuk semua jenis permainan, baik itu tunggal maupun ganda, putri maupun putra. 

Partai
   Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis. Mereka adalah:
1. Tunggal putra
2. Tunggal putri
3. Ganda putra
4. Ganda putri
5. Ganda campuran

Perhitungan score :
   Sejak 1 Februari 2006, seluruh partai memakai sistem "pemenang dua dari tiga set" (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point.

Wasit :
   Wasit dalam sebuah pertandingan badminton ada 8 orang wasit.
Dimana dibagi menjadi berikut :
- 1 Wasit Utama ( sbg pemimpin segala keputusan di lapangan. )
- 1 Service Judge (sbg melihat salah atau benar pemain melakukan servis. )
- 6 Linesman ( sbg pembantu wasit utama dalam menentukan jatuhnya sutlecock di dalam atau di luar lapangan. )

Pukulan :
   Berikut ini adalah berbagai macam pukulan di dalam bulutangkis :
- Lop
   Pukulan lop adalah pukulan yang keras kebelakang yang posisi sutlecock berada di atas kepala.
Pukilan lop sendiri dibagi menjadi 2, yaitu lop serang dan lop biasa.

- Smash
  Pukulan smash adalah pukulan keras sekeras-kerasnya dengan posisi sutlecock yang menukik tajam.
 Pukulan ini biasa digunakan untuk mematikan lawan.

- DropShot
   Pukulan dropshot adalah pukulan yang hampir sama dengan smash namun pukulannya pelan dan posisi sutlecock menukik setipis-tipisnya diatas net sehingga bola jatuh di depan.

Copyright : @bimaindramulya

You Might Also Like

0 comments