Sekilas tentang Rokok

3/18/2012



Slamat pagisiangsoremalam para pengunjung :D . Saya akan mosting tentang sebuah benda/barang yg sangat simple namun memounyai banyak arti. Ia adalah "ROKOK" . Kalian/sampeyan pasti tau rokok. 


- DEFINISI
Definisi dari rokok sendiri yakni, menurut wikipedia adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain.


- MACAM-MACAM rokok

Rokok berdasarkan bahan pembungkus :
- Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung.
- Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.
- Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.
- Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.



Rokok berdasarkan bahan baku atau isi.
- Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
- Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
- Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.



Rokok berdasarkan proses pembuatannya : 
- Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana.
- Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Sederhananya, material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan.



Rokok berdasarkan penggunaan filter :
- Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus.
- Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.

Sekarang ada juga rokok elektrik. Ini Gambarnya



Dari semua jenis rokok yg bermacam-macam di atas, ada efek baik dan buruknya lo. Tapi lebih banyak buruknya.

- EFEK rokok


Baik :
- Menghilangkan stress #mungkin
- Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok. #ngawur
- Berbuat amal kebaikan. Kalau ada orang yang mau pinjam korek api, paling tidak sudah siap / tidak mengecewakan orang yang ingin meminjam. #benerjuga
- Memberikan lapangan kerja bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan dan perusahaan obat batuk.


Buruk :
Kali ini efek buruk dari rokok lebih mengarah kepada kesehatan. Pertama perlu kita ketahui bahwa didalam rokok terdapat beberapa zat kimia, yakni :
1.  ACROLEIN :  zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan.
2. KARBON MONOXIDA : gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.
3. NIKOTIN  :  cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok.
4. AMMONIA  :  gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.
5. FORMIC ACID : cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.
6. HYDROGEN CYANIDE : gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.
7. NITROUS OXIDE : gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
8. FORMALDEHYDE : gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.
9. PHENOL: zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme.
10. ACETOL: zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.

11. HYDROGEN SULFIDE : gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).
12. PYRIDINE : cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
13. METHYL CHLORIDE : merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.

14. METHANOL : cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.
15. TAR : cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.


dan berikut dampak buruknya :

1. Warna gigi mengalami perubahan
Para perokok biasanya giginya terdapat noda berwarna kekuning-kuningan. Dan mereka bukan tidak menyedari akibat kegiatan merokok tersebut.

2. Menimbulkan bau mulut tak sedap
Wah, kalau yang ini pasti para perokok maupun yang bukan sudah bisa menhgenalinya karena bau rokok yang khas. Lagi-lagi nikotin dan tar menjadi penyebabnya. Selain itu, aktivitas merokok bisa mengakibatkan mulut menjadi kering sehingga menyebabkan bau mulut.

3. Menyebabkan caries pada gigi
Nah, caries gigi adalah akibat yang lebih besar dari merokok. Apabila kegiatan merokok tidak juga dihentikan maka olak akan terus menumpuk dan mengakibatkan caries pada gigi.

4. Menyebabkan penyakit gusi
Plak dan tartar yang terus tertimbun dapat menyebabkan penyakit dan mengganggu fungsi normal sel-sel dalam jaringan gusi si perokok.
5. Menyebabkan gigi copot
Wah, kalau penyakit gusinya sudah parah alias akut bisa jadi giginya copot.
6. Mengakibatkan penyakit kanker mulut
Ini adalah akibat yang paling menakutkan bagi para perokok. Sebagai pengetahuan saja, 90 persen dari penderita kanker mulut adalah perokok.


bukan hanya itu , merokok juga mengakibatkan seseorang terkena komplikasi penyakit.
berikut gambar dari beberapa penyakit yg menyerang tubuh perokok.


                                                                       Gambar penyakit yg menerjang seorang perokok


berikut perbandingan paru2 perokok dengan tidak perokok


ngeri lihatnya ;O .


Ya, sekian dulu dari saya, ini saya hanya ingin berbagi bahwa "HIdup Sehat Tanpa Rokok Itu Indah :D "
Daripada merokok lebih baik olahraga,makan dan TIDUUUUUUUUUUURRRRRR :D


*sumber
campurcampur

You Might Also Like

1 comments

  1. Trimakasih infonya bro.
    Ijin copast :D

    BalasHapus