Semifinal EURO : Jerman vs Italia (1-2)

6/29/2012




Italia memastikan diri melaju ke final Euro 2012 setelah berhasil mengempaskan Jerman 2-1 dalam laga semifinal Piala Eropa di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, Kamis atau Jumat (29/6/2012) dini hari WIB. Dua gol kemenangan "Gli Azzurri" dikreasikan oleh Mario Balotelli.
Sementara gol Jerman ditorehkan Mesut Oezil melalui penalti di detik-detik akhir pertandingan.

Di partai puncak di Stadion Olimpiade Kyiv, Minggu (1/7/2012), Italia akan menantang juara bertahan Spanyol yang lebih dulu lolos setelah mengalahkan Portugal 4-2 lewat babak adu penalti, Rabu (28/6/2012).

Jerman mengambil inisiatif menyerang sejak menit-menit awal. Laga baru berjalan lima menit, bek Mats Hummels membuka peluang pertama Jerman. Namun, tendangannya dari dekat gawang, menerima umpan Lucas Podolski masih mampu ditepis oleh Buffon.

"Der Panzer" terus menekan Italia. Pada menit ke-13, tim asuhan Joachim Loew kembali mendapat peluang melalui Toni Kroos. Namun, lagi-lagi Buffon tampil cukup sigap menepis bola tendangan keras gelandang Bayern Muenchen tersebut dari luar kotak penalti.

Keasyikan menyerang, barisan pertahanan Jerman lengah. Hal itu kemudian dimanfaatkan Italia untuk lebih dulu mencetak gol pada menit ke-20. Berawal dari aksi Antonio Cassano di sisi kiri lapangan. Ia melepaskan umpan akurat ke tengah kotak penalti. Tidak dikawal ketat, Balotelli langsung menyambar bola tersebut dengan sundulan keras tanpa mampu diantisipasi Manuel Neuer.

Tertinggal satu gol, Jerman tak tinggal diam. Meski kesulitan menembus rapatnya pertahanan Italia, Jerman beberapa kali melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Salah satu tembakan Sami Kheidira dari luar kotak penalti hampir membuahkan hasil, jika Buffon tak kembali tampil cemerlang menepis bola tendangan keras tersebut.

Satu menit berselang, lagi-lagi Jerman kecolongan. Kali ini berawal dari serangan balik cepat. Riccardo Montolivo langsung mengirim umpan panjang ke daerah pertahanan Jerman. Balotelli yang lolos jebakan offside kemudian menggiring bola ke arah kotak penalti dan melepaskan tendangan keras terarah ke pojok kiri atas tanpa mampu dihalau Neur dan gol.

                                                    Ekspresi Balotelli setelah mencetak gol kedua.

Selepas turun minum, Jerman langsung menekan. Pemain pengganti Marco Reus mendapatkan kesempatan pada menit ke-60 setelah pelanggaran yang dilakukan Leonardo Bonucci di depan kotak penalti. Namun, lagi-lagi Buffon tampil cemerlang dengan menepis tendangan bebas Reus yang diarahkan ke pojok gawang.

Sepanjang babak kedua ini, Jerman masih mendominasi permainan. Kombinasi Oezil, Toni Kroos, dan Bastian Schweinsteiger berkali-kali menciptakan peluang. Namun, barisan pertahanan Italia tampil cukup rapi dengan konsentrasi tinggi yang membuat usaha mereka sia-sia.

Pelatih Loew kemudian memasukkan Thomas Mueller untuk menambah daya gedor timnya pada menit ke-71. Pemain Bayern Muenchen itu pun mendapat peluang lima menit berselang. Akan tetapi, bola tendangannya dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kiri gawang Italia.

Italia bukan tanpa serangan. Bahkan, tim asuhan Cesare Prandelli itu berhasil membobol gawang Neuer lagi lewat aksi Federico Balzaretti pada menit ke-83. Namun, ia sudah lebih dulu terjebak offside.

Memasuki injury-time, Jerman mendapat peluang emas setelah Balzaretti melakukan handsball di kotak terlarang. Oezil yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Meski terus berusaha menyamakan kedudukan, bahkan sampai kiper Neuer maju ke pertahanan "La Nazionale", Jerman gagal menyetarakan kedudukan.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Italia menguasai bola sebanyak 46 persen dan menciptakan lima sepakan ke gawang dari 10 tembakan. Adapun Jerman melepaskan tujuh tembakan akurat dari 14 kali percobaan.

"Gli Azzurri" pun berhak menantang sang jawara bertahan, "La Furia Roja".

You Might Also Like

0 comments