Gara - Gara Instagram

10/21/2014



Instagram, hampir semua pengguna sosial media pasti sudah mengerti apa itu Instagram, terumata penggiat fotografi. Yas, Instagram yaitu sebuah sosial media berbasis gambar/foto. Di dalam instagram user dapat berbagi berbagai macam gambar/foto untuk diunggah, atau melihat-lihat dan menikmati gambar/foto yang diunggah oleh user lainnya. User juga bisa memberikan Like/Comment terhadap foto yang sekiranya telah disukai. Atau bisa juga saling follow antar pengguna lain.

Instagram sendiri didirikan oleh dua orang Amerika, yakni Kevin Systrom dan Mike Krieger. Dua programmer yang awalnya bekerja di perusahaan ternama seperti Twitter, Google, Microsoft, dll dan sekarang mendirikan Instagram karena passion atau hobinya dalam dunia fotografi. Check this.

Instagram sendiri berasal dari kata Insta = Instan + Gram = Telegram. Sehingga jika diartikan menurut bahasa adalah foto instan yang dikirim dengan cepat, secepat telegram dalam mengirim informasi.

Awal munculnya Instagram yaitu dari aplikasi Iphone. 10 bulan setelah launching Instagram menarik 7juta pengguna baru dengan 150juta foto yang diunggah. Sedangkan karyawan/staff yang bekerja hanya 5 orang saja. Itu merupakan prestasi yang baik bagi Instagram sendiri. Sehingga dari waktu kewaktu Instagram membuka aplikasinya ke pengguna Android dan terus berkembang dengan total pengunduh lebih dari 100juta unduhan.

Dengan semakin banyaknya pengguna Instagram, maka para penikmat foto yang memiliki Instagram membuat acara seperti kopi darat yang dinamakan Instameet. Biasanya mereka menggunakan hastag #instameet jika mengadakan acara tersebut.


Instagram di Indonesia
Perkembangan Instagram di Indonesia juga sangat pesat. Berawal dari Instagram, banyak pengguna instagram ataupun penggemar fotografi bisa berkumpul. Dalam berkumpul antar sesama pengguna Instagram tersebut dinamakan Instameet yang tadi sudah dijelaskan. Di Indonesia tiap kota memiliki perkumpulan Instameet sendiri. Jadi misalkan ada Instameet berkumpul di daerah Surabaya maka akan menggunakan hastag #instameetSurabaya. Begitu pula di kota-kota lainnya. Biasanya setiap kota ada PIC masing-masing.

Berawal dari Instagram juga seseorang bisa menjadi populer atau bahasa kecenya eksis. Salah satu pengguna Instagram Indonesia yang paling dikenal dalam dunia Instagram atau biasa disebut celebgram Indonesia yakni @ernandaputra. Dari Instagram lah dia menjadi dikenal berkat foto-foto bagus yang dia unggah. Total pengikut/followersnya lebih dari 1/2juta orang. Dan dia menjadi sumber inspirasi bagi para penggemar fotografi dan pengguna instagram lainnya.


Video Instagram
Pada Juni 2013 instagram mengeluarkan fitur baru, yaitu Video Instagram. Jadi selain berbagi foto, user juga bisa berbagi video. Video dalam instagram memiliki batas waktu, yaitu hanya 15 detik saja. Sebelumnya ada juga sosial media yang berbagi video pendek, yaitu Vine. Namun vine memiliki batas waktu video yang lebih sedikit daripada Instagram, yakni 6 detik. Untuk mengetahui tentang Vine tunggu postingan selanjutnya ya. 

Di Indonesia ada komunitas yang khusus pembuat video Instagram. Namanya @indovidgram dengan hastag #indovidgram. Komunitas tersebut dibentuk pada April 2014. Pada komunitas tersebut terdapat berbagai video kreatif dan bermacam-macam tema seperti comedy, stopmotion, timelapse, dll. Seperti halnya instameet, indovidgram juga menyebar luas di kota-kota Indonesia. Jadi setiap kota memiliki komunitas indovidgram tersendiri. 
Berikut contoh komunitas Indovidgram berdasarkan kota yang saya ketahui :
- #sidoarjovidgram - @sidoarjovidgram 
- #medanvidgram - @medanvidgram 
- #balividgram - @balividgram 
- #jogjavidgram - @jogjavidgram 
- dll.

Jadi bagi kamu yang hobi bikin video, editing video, upload saja di instagram dan sertakan #indovidgram.
Berikut saya akan share video Instagram dari akun saya ya hehe :p


A video posted by Bima Indra Mulya (@bimaindramulya) on



Jadi seperti itulah sedikit pengetahuan saya tentang Instagram dan perkembangannya di Indonesia. Saya sendiri juga penikmat aplikasi instagram. So #instagramjustforfun :p haha

#CMIIW

You Might Also Like

5 comments

  1. wkwkwkw sing wudhu gaplek videomu le
    :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh onok mas mas instagram, ampun master :D hahahahaha

      Hapus
  2. Namanya juga instagram bebas ngapain aja :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  3. akibatnya apa mas, dengan gara-gara instagram tersebut?

    BalasHapus